Keindahan Alam Surga Tersembunyi Tanjung Kelayang di Pulau Belitung

Table of Contents

 


Traveladvisor.id -- Pulau Belitung terletak di lepas pantai timur Sumatera, diapit oleh Selat Gaspar dan Karimata. Ini memiliki pantai yang memukau dan pemandangan yang luar biasa. Tahukah Anda, Sob? Puncak kemegahan Pulau Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang di bagian utara pulau. Sobat Pesona dapat menikmati pemandangan alam yang indah memukau di lokasi ini.



Sejarah: Awalnya sebuah pulau yang dihuni oleh beberapa kerajaan yang berkembang, Pulau Belitung dan Pulau Bangka bersatu untuk menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2000. Tanjung Kelayang adalah salah satu dari banyak tempat wisata yang menarik di daerah ini. Meskipun lokasinya terpencil, tempat ini telah berkembang menjadi resor terpadu berkat undang-undang pemerintah yang menetapkan wilayah itu sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menetapkannya sebagai 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Sobat Pesona, Anda sudah mengetahuinya belum? Tanjung Kelayang dianggap sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Kepulauan Bangka Belitung karena keindahan yang luar biasa.



Destinasi Lengkuas: Saat Sobat Pesona berlibur ke Tanjung Kelayang, bersiaplah untuk terpesona dengan berbagai tempat wisata yang indah. Mau melihat pulau yang indah? Lihat semua pulau yang ada di sana. Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pulau Kepayang adalah beberapa tempat yang dapat dikunjungi oleh Sobat Pesona. Sobat Pesona yang ingin mengunjungi banyak pulau dapat melakukannya dengan mudah karena jarak antar pulau yang berdekatan. Pasir putih, batuan granit besar, dan air laut hijau kebiruan yang jernih siap memikat setiap pengunjung ke pantai Tanjung Kelayang. Tanjung Kelayang juga memiliki Desa Nelayan Tanjung Binga untuk Sobat Pesona yang ingin tahu tentang kehidupan sehari-hari nelayan, memancing, dan berhubungan dengan orang-orang di sana.



Tidak lengkap jika Anda tidak menikmati makanan khas Belitung yang luar biasa di Jelajah Tanjung Kelayang. Coba gangan ikan, kuah pedas gurih yang terbuat dari rempah dan potongan buah nanas. Ketam isi, olahan daging kepiting yang diberi bumbu dan dibalut kembali dengan cangkangnya, juga ada di Belitung. Anda suka makan mi? Racikan mie basah, potongan tahu, mentimun, kentang rebus, kecambah, dan taburan bawang goreng dilengkapi dengan siraman kuah kaldu udang hangat adalah ciri khas mi Belitung. Saya benar-benar laper membayangkannya. Untuk oleh-oleh, Anda juga dapat membawa makanan khas Belitung seperti belacan, sambal lingkung, sirup jeruk kunci, dodol, ikan asin jambal roti, kerupuk siput gonggong, kopi, dan ketam isi yang didinginkan.



Cara untuk pergi ke Tanjung Kelayang: Terbang ke Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sahabat pesona dapat menggunakan pesawat yang membawa mereka dari Jakarta, Palembang, dan Batam ke Tanjung Pandan. Setelah tiba di bandara, Sobat Pesona dapat menyewa mobil atau naik taksi ke Tanjung Kelayang, yang membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit hingga satu jam. Perjalanan Sobat Pesona pasti tidak akan membuat Anda bosan karena Anda akan melihat pemandangan indah sepanjang jalan.



Sobat Pesona memiliki pilihan untuk menyewa mobil, sepeda motor, atau taksi setelah tiba di sana untuk menjelajah keindahan Tanjung Kelayang. Untuk Sobat Pesona yang memilih taksi sebagai sarana transportasi selama di sana, ada beberapa saran. Untuk tetap aman dan nyaman selama perjalanan, gunakan taksi yang berlisensi. Anda ingin melakukan perjalanan ke pulau-pulau di sekitar Tanjung Kelayang? Caranya adalah dengan menyewa perahu milik nelayan lokal. Anda harus merencanakan liburan di Tanjung Kelayang. (*)



Sosmed: tiktok.com/@traveladvisor.id