Daftar Pantai Eksotik di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Table of Contents

 



Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, berdekatan dengan pulau Bali. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dilihat, dan pantainya yang indah sangat sayang untuk dilewatkan.


    Wisata Pantai Banyuwangi

        1. Pantai Cemara

        2. Pantai Syariah

        3. Pantai Boom

        4. Pantai Teluk Hijau

        5. Pantai Sukamade

        6. Pantai Wedi Ireng

        7. Pantai Mustika

        8. Pantai Lampon Pesanggaran

        9. Pantai Pulau Merah

        10. Pantai Bama

        11. Pantai Bedul

        12. Pantai Ngagelan

        13. Pantai Watu Dodol

        14. Pantai Plengkung


Dengan luas 5.782 km2, kabupaten Banyuwangi memiliki banyak pantai yang indah dan unik yang patut dikunjungi. Sumber daya laut yang melimpah menjadikan pantai Banyuwangi sebagai tempat wisata yang menarik. Banyuwangi selalu menjadi salah satu penghasil ikan terbesar setiap tahunnya. Ada sekitar 300 lebih Unit Pengelola Ikan (UPI), dan Muncar adalah wilayah dengan ikan terbanyak.



Wisata pantai Banyuwangi sangat disukai oleh penduduk setempat, terutama mereka yang berasal dari sekitar pulau Jawa. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang dapat Anda kunjungi. 


Kepulauan Belitung: Pesona Negeri Seribu Pantai


1. Pantai Cemara

Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai banyak pepohonan cemara untuk berteduh. Tidak hanya digunakan untuk berteduh, melainkan juga buat hunting foto estetik. Cocok banget untuk grameds yang lagi mencari pantai dengan udara sejuk, nih!


Lokasi: Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp2.000,.


2. Pantai Syariah

Nama “Syariah” muncul karena Banyuwangi ingin mengenalkan wisata halal. Mulai dari adanya pemisahan area antara perempuan dan laki-laki, makanan halal dan lain sebagainya. Selain itu, di tepi pantai juga disediakan paying dan bean bag warna-warni untuk bersantai.


Lokasi: Desa Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.

Taman Nasional Ujung Kulon, Berwisata Sekaligus Bertualang


3. Pantai Boom Marina Banyuwangi

Pantai boom sangat diminati oleh pengunjung, sehingga pantai ini sangat ramai karena lokasinya yang berada di tengah kota. Banyak spot foto menarik jika grameds berkunjung ke pantai boom, seperti jembatan hingga bangunan zaman dahulu yang masih berdiri.


Sahabt Traveller mengejar matahari terbenam? Tempat ini salah satu yang paling cocok untuk hunting sunset. Selain itu, pantai boom juga dapat grameds datangi dengan berjalan kaki atau bersepeda apabila sedang berada di Alun-alun Blambangan.


Dari pantai ini, grameds bisa melihat juga pemandangan pulau Bali dari kejauhan. Dengan lokasi yang strategis menjadikan pantai ini sangat populer dan sering dijadikan tempat penyelenggaraan banyak acara besar kota Banyuwangi seperti Banyuwangi Beach Jazz Festival dan lain sebagainya.


Lokasi: Desa Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.


4. Pantai Teluk Hijau

Sesuai dengan namanya, pantai ini berbentuk teluk dan berwarna hijau saat dilihat dari jauh. Pantai eksotis yang satu ini merupakan destinasi wisata pantai Banyuwangi terfavorit yang dapat grameds kunjungi ya.


Jernihnya air laut di Teluk Hijau menjadikan tempat ini sebagai destinasi snorkeling yang menyenangkan. Grameds bisa melihat keindahan bawah laut yang sangat memukau, mulai dari ikan hingga terumbu karang. Di sekitar pantai ini juga terdapat air terjun dikelilingi batu karang yang cantik, maka akan semakin menambah keindahan pantai teluk hijau ini.


Grameds enggak suka snorkeling? Tidak masalah, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar tempat ini. Wilayah pantai ini juga masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Pantai teluk hijau Banyuwangi popular juga disebut sebagai Green Bay Banyuwangi.


Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 07.00-16.30 WIB.

Harga: gratis.


5. Pantai Sukamade

Sukamade dikenal sebagai tempat penyu bertelur. Pantai sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri dan menjadi salah satu triangle Diamond setelah kawah ijen dan G- Land. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 97 kilometer (km) ke arah barat daya Banyuwangi yang mempunyai pemandangan asri dan tenang karena jauh dari hingar-bingar aktivitas kota. Di sini, terdapat perkebunan seluas 1.200 hektare (Ha) merupakan perkebunan karet, kopi, dan kakao.


Pantai ini juga dikenal sebagai surganya penyu, sehingga, kamu bisa menemukan penangkaran penyu yang membantu pelestariannya. Selain itu, grameds juga bisa membantu melepaskan penyu ke bibir pantai dengan bantuan dari petugas penangkaran.


Di pantai ini, para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung penyu-penyu yang bertelur, melihat penangkapan penyu serta mengikuti kegiatan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut.


Selain menyajikan wisata pantai dan penangkaran penyu, pantai sukamade juga mempunyai destinasi wisata lain berupa hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki sungai yang bisa digunakan untuk mengamati berbagai jenis burung seperti elang laut, dara laut, burung roko-roko dan masih banyak lainnya.


Jalan menuju pantai sukamade sudah tergolong bagus dan halus. Di tengah perjalanan, pengunjung dapat singgah di Teluk Hijau yaitu sebuah teluk yang indah dengan tebing-tebing menjulang tinggi di sekitarnya.


Lokasi: Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp10.000,.


6. Pantai Wedi Ireng

Rekomendasi selanjutnya yaitu pantai wedi ireng. Pantai unik yang satu ini dijuluki demikian karena pantai ini mempunyai jenis pasir yang berbeda yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang lumayan kasar.


Secara geografis, posisi pantai ini diapit oleh pantai pulau merah dan pantai teluk hijau. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari pantai pulau merah. Pemandangan yang ada juga menjadi tidak kalah indahnya dengan latar  hijaunya perbukitan dan birunya laut.


Untuk mencapai pantai ini diperlukan perjuangan yang cukup berat ya grameds. Apabila grameds tidak ingin melewati medan yang terlalu berat bisa menggunakan jalur laut dengan perahu seharga Rp40.000,.


Karena sulitnya medan yang ditempuh, maka tidak heran sedikit orang yang berkunjung ke pantai wedi ireng ini. Bukan hanya itu, suasananya yang sunyi, deburan ombak yang landau, pepohonan rindang dan angin sepoi membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai wedi ireng. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke pantai ini membuat suasananya lebih nyaman dan tenteram.


Lokasi: Dusun Pancer, desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.


7. Pantai Mustika

Pantai Mustika biasanya dimanfaatkan untuk mencari ikan oleh para nelayan atau masyarakat sekitar karena mempunyai ombak yang cukup tenang. Tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Jadi, tidak heran jika suasananya masih sangat tenang dan tenteram, tidak seperti di pantai pulau merah yang padat wisatawan.


Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis


8. Pantai Lampon Pesanggaran

Tidak ada salahnya untuk mampir ke pantai lampon pesanggaran saat Grameds ke pulau merah. Ini karena kedua tempat wisata alam ini berdekatan. Pantai lampon pesanggaran sangat indah, meskipun tidak sepopuler dengan pantai pulau merah.



Pepohonan kelapa yang tumbuh subur dan kokoh di sekitar pantai akan menyambut grameds ke pantai dengan lampon pesanggaran. Hamparan pasir pantai ini berwarna hitam, membedakannya dari pantai lain. Disarankan untuk berhati-hati saat grameds mendekati tepi pantai karena banyak terumbu karang yang dapat menyebabkan luka.




Pantai yang landai dengan ombak halus ini memiliki batu karang alami sebagai hiasan. Di sebelah selatan karang, ada muara sungai yang sering digunakan untuk memancing karena banyak ikan dan sangat aman.



Salah satu bukit di pantai ini dapat dicapai tanpa bantuan alat, ya grameds. Di puncaknya, ada gua berukuran kecil di mana Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan pantai lampon pesanggaran dan angin sejuk. 


Lokasi: Desa Lampon, Kecaatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.


9. Pantai Pulau Merah

Pantai pulau merah dikenal sebagai sebutan Red Island adalah wisata pantai Banyuwangi yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai pulau merah biasanya menjadi destinasi surfing pemula dan profesional. Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri berupa pasir pantai yang tampak berwarna merah muda lembut dan garis pantai yang panjang.


Selain itu, pantai ini juga mempunyai pulau sendiri dengan tanah merah dan vegetasi hijau berbentuk kecil seperti gunung. Ketika air laut surut, wisatawan dapat berjalan kaki menyeberang dan menjelajahi pulau dari dekat. Keunikan yang dimiliki pantai ini yaitu adanya bukit pasir di tengah lautan.


Tidak hanya itu, grameds juga bisa mencoba snorkeling, berselancar atau menikmati makanan khas di sekitar tempat ini. Selain itu, di pantai ini terdapat sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki apabila air laut sedang surut. Dan, pulau ini yang sepertinya menjadi cikal bakal nama pantai yang satu ini.


Pantai Pulau Merah juga dikenal karena ombaknya yang cukup tinggi, sehingga tidak jarang para peselancar datang untuk menguji sendiri keganasan ombak di pantai ini. Dengan ombak rata-rata setinggi 2 meter, pantai ini sangat cocok untuk melatih kemampuan berselancar.


Hal ini juga mudah diakses dari pusat kota Banyuwangi. Letaknya sekitar 60 km ke arah selatan kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua setengah jam perjalanan.


Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp8.000,.


10. Pantai Bama

Pantai Bama adalah salah satu tempat menarik yang dapat dikunjungi Grameds saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Seolah-olah pasir putih dan air laut biru adalah kombinasi yang ideal. Salah satu daya tarik pantai ini adalah ayunan yang dapat dinaiki grameds untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai bersama bama.



Pantai Bama tidak hanya menarik turis, tetapi juga rumah bagi kera dan berbagai burung langka Jawa Timur. Tidak hanya itu, pantai ini dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Dengan menyusuri jembatan pandang, pengunjung dapat melihat langsung kekuatan tumbuhan mangrove.




Pengunjung tidak perlu khawatir tentang fasilitas wisata. Pantai Bama memiliki banyak fasilitas untuk wisatawan, termasuk kamar bilas, restoran, dan penginapan dengan pemandangan pantai. 


Lokasi: Area Taman Nasional Baluran, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur.

Jam operasional : 08.00-16.00 WIB.

Harga: Rp15.000-17.000,. sudah termasuk tiket masuk ke Taman Nasional Baluran.


11. Pantai Bedul

Pantai Bedul terletak di Desa Sumberasri, yang terletak di Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini disebut "pantai bedul" karena di perairan itu banyak ikan belut, sejenis ikan gabus.



Wisata hutan mangrove yang rindang dan asri di Pantai Bedul Grameds, sama seperti Pantai Sukamade, sangat cocok untuk grameds bersama keluarga atau pasangan.


12. Pantai Ngagelan

Salah satu tempat wisata terbaik di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi adalah Pantai Ngagelan. Pada pantai ini, grameds dapat melihat penyu bertelur pada malam hari.



Ada empat jenis penyu yang sering menepi di pantai ini untuk bertelur: penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu hijau. Waktu terbaik untuk melihat penyu bertelur adalah antara bulan Mei dan September.


13. Pantai Watu Dodol

Pantai watu dodol, yang berada di jalur pantura, menarik banyak pengunjung karena sangat mudah ditemukan ketika grameds pergi ke pelabuhan ketapang, yang hanya berjarak 2 km. Akibatnya, banyak wisatawan memilih untuk tinggal di pantai sebelum akhirnya menyebrang pulau.



Pantai Watu Dodol memiliki pemandangan alam yang unik, yang merupakan salah satu hal yang menarik. Di pantai ini terdapat bongkahan batu besar yang tingginya 10 meter dan memiliki diameter 15 meter. Banyak kali diusahakan untuk memindahkan batu besar tersebut, tetapi sampai saat ini tetap di tempatnya.




Pantai Watu Dodol tidak hanya memiliki batu besar yang indah, tetapi juga memiliki pemandangan pantai biru yang sempurna untuk mereka yang ingin mengambil foto selfie atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang. 


Lokasi: Gumukremuk, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.


14. Pantai Plengkung

Selain pantai pulau merah, yang menjadi favorit peselancar Banyuwangi, ada pantai plengkung. Pantai Plengkung juga disebut sebagai "G-Land" atau "Wonder of Seven Waves". Para peselancar internasional memberi julukan ini karena pantai ini memiliki tujuh gulungan ombak yang ketinggiannya mencapai enam meter.



Bagi pecinta selancar, pantai plengkung adalah tempat yang sempurna. Angin lepas pantai yang berhembus antara bulan April dan September menghasilkan ombak paling besar, yang mencapai ketinggian 8 meter dan panjangnya 2 km.




Tetapi tidak semua peselancar yang datang ke pantai Banyuwangi. Banyak pengunjung hanya untuk menikmati birunya laut, pasir putih yang lembut, dan pemandangan alam yang indah. Oleh karena itu, dapat membuat pikiran menjadi segar kembali. Ya, grameds dapat berkunjung sendiri atau bersama rombongan untuk menikmati keindahan pantai.