Pesona Danau dan Api Biru di Gunung Ijen

Table of Contents


Traveladvisor.id -- Gunung berapi Kawah Ijen adalah gunung paling terkenal di Pulau Jawa. Di sini Anda akan menemukan semua informasi tentang wilayah tersebut, pembawa belerang, serta jalur yang harus diatur. Sebuah petualangan yang tidak boleh dilewatkan.


Kawah Ijen,  Gunung Berapi Aktif untuk Pendaki Petualang


Dataran Tinggi Ijen, juga dikenal sebagai 'Kawah Ijen' sangat direkomendasikan bagi pecinta alam dan pejalan kaki. Dataran Tinggi ini dulunya merupakan kawah aktif yang sangat besar, dengan luas 134 km persegi. Ijen merupakan gunung berapi yang tenang namun aktif, dan lanskapnya didominasi oleh kerucut gunung berapi Ijen (2.368 dpl) dan Merapi (2.800 dpl) di tepi timur laut Dataran Tinggi, dan Raung (3.332 dpl) di sudut barat daya. 


Rumah bagi Api Biru yang Fenomenal

Keindahan Kawah Ijen sudah diakui dunia. Pada bulan Maret 2016, danau ajaib ini dimasukkan dalam Cagar Biosfer Dunia UNESCO. Ketika Anda tiba di sini setelah berjalan melalui jalan yang dikelilingi tanaman hijau subur, angin dingin yang menyegarkan akan langsung menyambut Anda. Suhu udara di sekitar Kawah Ijen normalnya akan mencapai sekitar 10 derajat celsius setiap harinya. Bahkan terkadang mencapai 2 derajat celsius. Di siang hari, pemandangan memukau sinar matahari yang menyinari danau berwarna biru kehijauan yang diselimuti asap akan memberikan kesan abadi bagi Anda. Beberapa lubang kecil dapat ditemukan di sekitar kawah. Mereka menjadi sumber pekerjaan bagi para penambang belerang, yang melakukan perjalanan naik turun dari kawah hingga ke danau setiap hari. Saat fajar, Anda berkesempatan menyaksikan fenomena alam yang luar biasa di mana api berwarna biru akan muncul di sekitar kawah. Dikenal banyak orang dengan sebutan Blue Fire, fenomena ini biasanya terjadi sekitar pukul 05.00.


Gunung Berapi Aktif untuk Pendaki Petualang

 


Berkeliling

Anda bisa berjalan kaki sekitar 1-1,5 jam di sekitar bibir kawah.


Gunung Berapi Aktif untuk Pendaki Petualang

 


Kesana

Dataran Tinggi Ijen dapat dicapai melalui Bondowoso baik dari pantai utara maupun selatan. Letaknya lebih dekat ke Banyuwangi, namun kondisi jalannya sangat curam dan rusak parah. Jip cukup membantu, meski sulit untuk disewa di Banyuwangi dan harganya sangat mahal. Kebanyakan orang berjalan 8 km terakhir (dari sekitar 64 km) sepanjang jalan menuju Pos Paltuding (Pos PHPA, titik awal, atau perjalanan menuju kawah) dari Bondowoso. Sesampainya di Pos Paltuding, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga ke tepi kaldera kawah Ijen melalui jalur sepanjang 3 km. Jadwal pendakian harian dimulai pukul 01:00 hingga pukul 00:00. Namun pada masa pembatasan tersebut, jadwal pendakian justru dimulai pada pukul 03.00 WIB.



Nama : Kawah Ijen

Jenis: Stratovolcano

Provinsi: Jawa

Ketinggian: 2.799 m



Dengan empat puluh gunung berapi aktifnya, pulau Jawa di Indonesia sendiri memiliki hampir sepertiga gunung berapi yang mendominasi kepulauan Indonesia. Kawah Ijen, yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, saat ini menjadi salah satu yang paling terkenal dan tersibuk di pulau ini bersama dengan Gunung Bromo. Danaunya yang asam dan pembawa belerangnya yang mengesankan, menjadi terkenal di Prancis khususnya berkat laporan Nicolas Hulot, menarik banyak pendaki yang penasaran setiap tahunnya. Kesuksesan tinggal di Indonesia tidak bisa dilakukan tanpa pendakian gunung berapi, wilayah Asia Tenggara ini juga menawarkan banyak pilihan jalur, tergantung kondisi fisik masing-masing orang.


Kawah Ijen terletak di tenggara kaldera Kendeng. Kaldera ini, yang pembentukannya berusia sekitar 50.000 tahun, merupakan hasil dari letusan eksplosif yang menghancurkan Ijen Tua, gunung berapi purba yang puncaknya berada pada ketinggian 3.500 meter.



Tempat yang menakjubkan

Bagaimana menuju ke sana

Jika Anda datang dari Yogyakarta atau Surabaya dan ingin mencapai Bali, singgah di kaki Ijen sepertinya penting sebelum melintasi selat tipis yang memisahkan kedua pulau dan membenamkan diri dalam kelembutan budaya Hindu. Untuk mengakses Kawah Ijen dari Pulau Dewata, tidak ada yang lebih sederhana: Anda bisa naik bemo – semacam minibus lokal – di terminal bus Denpasar atau memesan taksi dari Ubud ke Gilimanuk, lalu melakukan penyeberangan pendek yang menghubungkan Pulau Dewata. Pantai Bali ke Jawa Timur dengan kapal feri seharga beberapa ribu rupee. Dari sana, mungkin yang terbaik adalah bermalam di salah satu dari banyak hotel atau B&B di wilayah tersebut. Seperti yang sering terjadi, malam sebelum pendakian sangat singkat dan Anda bangun pagi-pagi sekali! Dari kota banyuwangi, luangkan waktu satu jam dengan mobil jeep untuk mencapai titik awal pendakian. Yang terakhir ini tidak menimbulkan kesulitan besar dan tidak perlu didampingi oleh seorang pemandu. Kemiringannya terkadang terjal, terutama pada paruh pertama pendakian, namun jalurnya selalu lebar dan aman. Bagi mereka yang berangkat pagi-pagi untuk mengakses kawah dan Soufriere pada malam hari, sangat disarankan untuk membawa lampu depan, serta sepasang sepatu yang bagus. Begitu Anda tiba di puncak, setelah sekitar dua jam berjalan kaki, vegetasi yang subur berganti dengan lanskap bulan, yang mencolok karena tidak adanya kehidupan hewan dan tumbuhan. Asap putih tebal keluar dari kawah dan menghilang bersama angin. Ini adalah solfatar, fumarol yang mengandung sulfur dioksida dan asam klorida yang sangat mengiritasi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa masker gas atau, jika tidak, syal basah untuk melindungi diri Anda dari asap belerang! Turun ke Soufriere tidak dilarang keras, asalkan berhati-hati karena jalur menurunnya terjal dan terkadang licin. Sebelum matahari terbit, aliran lava biru aneh dapat diamati yang tampak mengalir di sisi kawah. Faktanya, ini adalah belerang dalam bentuk gas, yang terbakar saat bersentuhan dengan udara, sehingga menawarkan tontonan yang benar-benar nyata, dan diproduksi tanpa efek khusus!



Ijen saat matahari terbit


Pembawa belerang

Namun dengan sangat cepat, suara tumpul linggis yang menghantam tanah menarik perhatian kami. Laki-laki, seperti narapidana sungguhan, dipaksa mengekstraksi balok belerang seberat beberapa kilogram, di tengah fumarol yang tidak bisa bernapas. Pipa logam memerangkap dan mendinginkan sebagian uap belerang yang secara bertahap mengkristal hingga mengeras secara definitif di saluran keluar pipa panjang ini dan kemudian diekstraksi. Kebanyakan memakai sepatu bot karet sederhana dan dengan kain atau lap di mulutnya sebagai masker, para penambang ekstrim ini mengisi keranjang dengan balok-balok tersebut, membawanya ke permukaan kawah lalu turun kembali ke lembah untuk akhirnya ditimbang dan diambil. gaji darinya. Beberapa dari mereka dapat membawa beban hingga delapan puluh kilogram di bahu mereka dan melakukan perjalanan dua kali dalam hari yang sama! Dibayar sekitar lima sen per kilo, sehari biasanya menghasilkan antara tujuh dan sepuluh euro. Sebuah jumlah yang bagi kami tampak sangat mencemooh mengingat pekerjaan yang dilakukan, namun merupakan gaji yang cukup besar bagi orang Jawa. Tentu saja, kerasnya pekerjaan secara fisik dan penghirupan berulang kali terhadap gas-gas ini sangat mengurangi harapan hidup para pekerja tersebut. Banyak dari mereka berhenti setelah beberapa tahun melakukan kerja keras ini, yang cukup membebani tubuh mereka dan merusak paru-paru mereka.



Desain cat air Jawa gunung berapi Ijen


Trekking

Keberangkatan: Paltuding

Durasi: 4 jam

Jarak: 14 km

Ketinggian Min

Ketinggian maksimal: 1300 m

Peningkatan ketinggian: 2300 m

Orientasi: 1000 m Utara/Timur

Tingkat



Sedang


Danau pirus

Dengan sinar matahari pertama dan fajar menyingsing, air danau yang berwarna biru kehijauan bersinar lembut di depan mata kita. Namun hati-hati bagi siapapun yang ingin berenang, karena inilah danau paling asam di dunia, dengan PH 0,2! Gelembung dengan diameter hingga sepuluh meter terkadang terbentuk di permukaan! Untuk mengatur ketinggian air dan mencegah meluap saat musim hujan, Belanda membangun bendungan pada tahun 1921, yang masih ada hingga saat ini. Sebaliknya, saat musim kemarau di bulan April hingga Oktober, kedalaman danau bisa berkurang hingga empat meter!


Matahari terbit

Untuk kembali ke punggungan terkadang harus mendaki dinding kawah yang agak curam sehingga perlu kewaspadaan. Sesampainya di sana, Anda bisa menyaksikan matahari terbit dan menikmati panorama yang luar biasa. Di hari yang cerah, sebelum kabut pagi menyerbu cakrawala, kita bisa melihat ke arah barat daya Gunung Raung yang megah dengan ketinggian lebih dari 3.300 meter. Di belakang kami di sebelah timur, terlihat titik tertinggi kaldera Kendeng, Gunung Merapi – jangan bingung dengan namanya yang terletak di dekat Candi Budha Borobudur –. Kesempatan untuk mengambil beberapa foto indah sebelum kembali ke base camp. Keturunannya tidak berbahaya, tapi hati-hati dengan lutut dan persendian Anda, yang sedang diuji!


Ada yang unik dari pendakian Kawah Ijen dan turun ke soufrière di pinggir danau asam. Dari aliran api biru yang berkelok-kelok di malam hari hingga orang-orang yang bekerja keras, Kawah Ijen menarik perhatian kita dan pastinya membuat kita tidak bisa berkata-kata... Untuk melihat dan melakukan tanpa ragu selama perjalanan ke Indonesia!