8 Destinasi Wisata Di Garut, Pas Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Table of Contents

 

Gunung Papandayan

Ketika Anda mudik dengan kereta api ke Garut, lihat delapan destinasi wisata ini. Kereta api lokal Garut Cibatuan berangkat dari Stasiun Purwakarta ke Jakarta. Kereta Api Garut-Cibatuan menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk dengan tempat duduk 2-3 berhadapan, seperti yang digunakan oleh kereta api lokal lainnya. Ada dua jadwal keberangkatan dari Purwakarta: satu pukul 04.10 dan tiba di Garut pukul 10.29; yang lainnya pukul 16.15 dan tiba di Garut pukul 22.23. 


Sobat Traveller dapat membeli tiket kereta melalui aplikasi KAI-Access, situs web kai.id, loket stasiun, dan kanal resmi KAI lainnya. Ke mana lebih baik pergi setelah tiba di Garut, ya? Dikenal juga sebagai "Van Java Swiss" atau "Sob", 


Garut memiliki pemandangan alam yang indah seperti di Swiss karena luasnya pegunungan hingga persawahan. Mirip dengan Alpen Eropa. 


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Garut yang dapat Anda kunjungi.


Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah lokasi pendakian paling populer di Garut. Gunung berapi ini mencapai ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, memberikan pemandangan yang luar biasa dan lanskap yang beragam. 


Sepanjang jalan kaki, Anda dapat menikmati keindahan beberapa kawah yang cukup terkenal di Gunung Papandayan, seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Ngaklak, yang memiliki pemandangan yang menakjubkan, terutama saat kabut tipis menutupinya saat matahari terbit.


Cipanas di Garut


Tempat wisata Cipanas Garut terkenal dengan sumber air panasnya. Meskipun stasiun kereta api agak jauh, Anda masih dapat pergi ke tempat ini dengan transportasi lokal. 


Anda dapat menikmati berendam di air panas alami yang dianggap memiliki manfaat penyembuhan sambil menikmati keindahan lingkungannya.


Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Garut karena lokasinya yang indah dan udaranya yang segar. 4. Kawah Darajat adalah fasilitas penyewaan tambahan untuk mereka yang ingin berperahu atau memancing.


Kawah Darajat

Wisatawan dapat mengunjungi Kawah Darajat, yang terkenal dengan sumber air panasnya. Tempat-tempat di sekitar Kawah Darajat menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Tempat penyembuhan ini di Garut adalah tempat yang bagus untuk bersantai setelah perjalanan yang panjang.


Kampung Terpencil

Kampung Pulo adalah kampung adat Sunda di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut mengelola Kampung Pulo karena ada Candi Cangkuang, yang memiliki nilai sejarah.


 


Curug Sanghyang Taraje

Di Kampung Pulo, Sobat Pesona dapat memahami dan mengetahui keunikan kearifan lokal yang masih ada. Curug Sanghyang Taraje, air terjun yang indah di lembah Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat, adalah tempat wisata menarik lainnya di Garut.


Curug Sanghyang Taraje berada di dekat hutan dan memiliki ketinggian 82 meter.  Masyarakat sekitar percaya bahwa curug ini adalah tempat Sangkuriang menyimpan bintang yang dijaga oleh belut raksasa. Ini memiliki pemandangan yang indah.

Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sisi kanan Pantai Santolo, banyak pepohonan hijau menutupi kaki Gunung Papandayan, bersama dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru. 


Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di pantai ini. Jika Anda ingin menikmati ombak laut selatan, Anda dapat menyewa perahu. Pantai Santolo adalah tempat yang bagus untuk memancing bagi mereka yang suka memancing. Anda juga dapat berkeliling pantai sambil menikmati pemandangan.


Daerah dekat Pulau Santolo kecil, garis pantai, dan jembatan lama Pulau Santolo adalah beberapa lokasi yang bagus untuk foto di Pantai Santolo. Di pantai ini, Anda juga dapat menikmati makanan laut segar.



Leuwi Garut

Tempat kemping D Leuwi Garut berada di tepi sungai dan dekat Stasiun Kereta Api. 
D Leuwi berada di Kampung Panauwan, Jalan Pembangunan, Tarogong, Kabupaten Garut, dan memiliki pemandangan alam yang indah. Ini juga merupakan tempat penyembuhan murah di Garut. (*)