3 Tempat Wisata di NTT yang Harus Dimasukkan ke dalam Bucket List Anda

Table of Contents

 


Semua orang tahu bahwa bagian timur Indonesia memiliki banyak keindahan alam, seperti Raja Ampat, yang terkenal dengan lautnya, dan Maluku, yang terkenal dengan pantai pasir putihnya. Selain keindahan alam yang memukau Sobat Pesona, tradisi dan budaya yang ada di desa-desa wisata Indonesia timur juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah di Indonesia timur yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki keunikan dan pemandangan yang mempesona. Jika Sobat Pesona sedang merencanakan liburan, tiga destinasi NTT ini harus dipertimbangkan.

 


Pulau Mules

Pulau ini berada di bagian selatan Flores. Ini berada di Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai. Setelah dimekarkan menjadi dua kabupaten baru, Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai Timur, pulau Mules adalah satu-satunya pulau yang dimiliki Kabupaten Manggarai. Pulau Mules berarti pulau yang cantik karena namanya berasal dari bahasa Manggarai, "molas", yang artinya cantik. Pulau Mules sangat cantik, seperti yang ditunjukkan Sobat Pesona saat mengunjunginya.



mueller

Selama liburan ke Flores, salah satu tempat favorit wisatawan adalah Pulau Mules. Satu-satunya desa di Pulau Mules adalah Nuca Molas. Menariknya, ada tiga kampung—Labuan Tuar, Peji, dan Konggang—yang memiliki pemandangan alam yang berbeda.

 

Jika Sobat Pesona pergi ke Kampung Labuan Tuar, Anda akan melihat pantai pasir putih yang halus dan air laut hijau tosca yang cantik. Kampung ini masih memiliki hutan monyet dan bukit batu karang tempat kambing dan sapi mencari makanan. Ini berbeda dengan Kampung Peji, yang memiliki pemandangan perbukitan dan padang rumput di mana penduduk menggembalakan sapi dan hewan ternak lainnya. Di Kampung Konggang, Sobat Pesona dapat melihat batu karang di pantai dan pasir yang kasar. Binatang laut seperti bulu babi, siput laut, dan bintang laut dapat ditemukan di air laut yang surut.


Akses ke Pulau Mules sangat mudah. Sobat Pesona dapat pergi ke Dintor dengan menggunakan transportasi darat dari Kota Ruteng. Perjalanan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam dari Kota Ruteng, dan kemudian Anda harus menyeberang menggunakan perahu kecil dan speedboat menuju Pulau Mules.

Pantai Dintor adalah tempat yang tepat untuk teman pesona yang ingin bersantai di NTT atau mendengar suara ombak. Pantai ini berada di Desa Satar Ruwuk, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Flores, dan memiliki keindahan yang unik. Hamparan pasir putih dan batu kecil di sepanjang bibir pantai pasti membuat Anda merasa lebih baik. Lihat air laut berwarna biru dan langit biru cerah juga bisa meningkatkan mood Anda.

dinding

Sobat Pesona akan disambut dengan hangat oleh penduduk setempat di Pantai Dintor, yang sangat komunikatif dan senang membantu. Bahkan, jika beruntung, Sobat Pesona dapat disambut oleh warga yang mengenakan pakaian adat NTT.

Sobat Pesona dapat menghabiskan waktu berjalan-jalan di pantai Dintor. Jika Anda lelah, Anda dapat bersantai di bawah pohon rindang di sekitar Pantai Dintor dan mendengarkan suara ombak. Sobat Pesona juga dapat melihat Pulau Mules di seberang Pantai Dintor.
Desa Wae Rebo

Desa yang dijuluki "surga di atas awan" ini benar-benar indah. Desa Wae Rebo adalah tempat yang bagus untuk Sobat Pesona jika Anda ingin menghabiskan waktu di luar kota dan menikmati ketenangan alam. Perjalanan wisata akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk menghabiskan waktu bersama penduduk lokal, menyaksikan aktivitas mereka, dan berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Wae rebo!

Desa Wae Rebo masih mempertahankan kebiasaan dan budaya tradisional mereka, seperti menenun dan berkebun kopi. Salah satu hal yang paling dicari oleh turis saat berkunjung ke Desa Wae Rebo adalah kopinya. Rumah adat Wae Rebo yang khas, Mbaru Niang, juga merupakan bagian dari budaya yang masih hidup. Setiap pengunjung ingin merasakan pengalaman menginap di rumah adat ini.

Berkembangnya desa wisata dan alam Indonesia timur menjadi daya tarik wisatawan dan membuka lapangan kerja baru bagi sektor kreatif. Saat berkunjung ke NTT beberapa waktu lalu, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyatakan, "Tentunya saya sangat mendukung, semoga ini juga menjadi kebangkitan ekonomi kita yang membangun kesejahteraan untuk masyarakat." Dengan tujuan mendorong wisata berbasis komunitas, pembangunan desa wisata ini dapat dilakukan melalui pendekatan travel pattern, kata dia.



Sudah tidak sabar untuk membuang tempat-tempat tersebut? Selama proses persiapan, pastikan Sobat Pesona telah divaksinasi dan terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Agar perjalanan Anda nanti aman dan nyaman, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, seperti menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama. (*)