10 Candi dan Pura Terindah di Indonesia, Wajib Dikunjungi

Table of Contents

CANDI TERINDAH DI INDONESIA

Dengan budaya dan seni yang sangat beragam, Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, Tempat ini menawarkan banyak seni dan budaya yang sangat indah dan megah untuk dilihat. Candi Buddha Terbesar Di Dunia yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur. Selain melihat Candi Borobudur, Anda juga dapat melihat Pura Prambanan, Candi Muara Takus, atau Pura Ulu Danu Beratan, yang terletak di atas Danau Bratan di Pulau Bali.


Dengan 17.504 pulau yang indah, Indonesia bukan hanya memiliki budaya yang indah tetapi juga alam yang indah. Tidak mengherankan jika Indonesia disebut sebagai negara paling beragam di dunia.


Berikut adalah sepuluh Candi Terindah di Indonesia, dipilih dari berbagai wilayah, yang pasti akan membuat Anda terpesona dengan peninggalan sejarah orang Indonesia.


Ulu Danu Beratan

Candi air besar Pura Ulu Danu Beratan berdiri megah di atas Danau Bratan di daerah pegunungan pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Bedugul, Provinsi Bali.


Danau Bratan adalah salah satu danau penting untuk Irigasi di Pulau Bali, dan dibangun pada tahun 1633 untuk upacara persembahan untuk Dewi Danu, Air, Danau, dan Sungai.


Pada ketinggian 1.200 mdpl, pura ini memiliki udara yang sangat sejuk dan air danau yang sangat jernih. Saat Anda berada di Pulau Bali, Indonesia, naik perahu yang memiliki kabus tipis yang menggantung di udara mengelilingi Pura Ulu Danu Bratan akan menjadi pengalaman yang tidak dapat dilupakan.



Gunung Kawi Temple

Di bagian bawah lembah sungai yang subur yang mengalir melalui kota kecil Tampaksiring, di timur laut Ubud, terletak Candi Gunung Kawi, Komplek Candi Kuno Terbesar Di Bali. Komplek ini terdiri dari sejumlah besar candi kuno atau relief kuil yang diukir langsung pada tebing batu.Candi ini terbuat dari pahatan di dinding tebing batu cadas di tepi Sungai Pakerisan, yang membuatnya unik.






Terletak di Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia, Candi ini berjarak sekitar empat puluh kilometer dari Denpasar dengan mobil atau motor. Anda dapat menikmati keindahan Candi Gunung Kawi sejak awal perjalanan.






Pura Muara Jambi

Situs Candi Muara Jambi adalah kompleks suci Hindu-Budha terbesar di Asia Tenggara. Candi ini, yang memiliki luas sekitar 3981 hektar, mungkin merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.




Candi ini, yang terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia, diperkirakan dibangun pada abad ke-11. Pada tahun 1377, tentara dari Burma menghancurkannya. Selama berabad-abad, itu hilang dan terlupakan di dalam hutan hingga tim ekspedisi militer Inggris menemukannya kembali pada tahun 1920.




Di situs Candi Muara Jambi, Anda tidak hanya dapat menikmati kemegahan candi dan belajar tentang sejarahnya, tetapi juga dapat menikmati liburan dengan melihat pemandangan indah Sungai Batanghari dan tempat wisata lainnya di sekitar kompleks candi.






Pura Muara Takus

Candi Muara Takus dibangun oleh Sungai Kampar Kanan dan terletak sekitar 122 kilometer dari Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau. Jauh di dalam hutan rimba, candi ini adalah bangunan batu bata terbesar di Pulau Sumatra. Tempat ini memiliki stupa tinggi yang diapit oleh reruntuhan tempat suci batu bata lainnya.Tingginya membedakannya dari stupa Buddha berbentuk lonceng yang sering ditemukan di Pulau Jawa.




Candi Muara Takus dibangun dari batu-batu sungai, batu pasir, dan batu bata tanah. Itu diperbarui pada tahun 1980, dan sekarang Anda dapat melihatnya dengan jelas.Selain Candi Muara Takus, kompleks juga memiliki Candi Tua, Candi Bungsu, stupa Mahligai, dan Palangka yang megah.






Kawasan Candi Kalasan

Candi Kalasan dianggap sebagai Candi Buddha Tertua Di Indonesia karena berada di desa Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia. Candi ini berdiri di atas dasar 45 x 45 meter dan memiliki empat titik utama kardinal dengan tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kata-Makara. Candi ini juga memiliki kamar berukuran 3,5 meter persegi. Banyak patung Buddha, termasuk patung Gana dan Boddhisattva, menghiasi candi ini.


Prasasti Kalasan yang ditemukan di dekat kuil menunjukkan bahwa itu selesai pada tahun Saka 700 atau sekitar tahun 778 AD, dan ditulis dalam Bahasa Sansekerta menggunakan skrip Pranagari.


Atap persegi delapan candi menampilkan ukiran Tathagatayang menghadap ke empat titik kardinal yang diapit oleh Patung Boddhisattva.





Pura Singosari

Candi Singosari, yang berada di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, adalah Candi Terindah Di Indonesia lainnya yang dapat Anda kunjungi dan menikmati kemegahannya. Candi megah ini terletak di lembah pada ketinggian 512 mdpl di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna.


Seperti yang ditunjukkan oleh kompleks pecandian seluas 200 m x 400 m ini, Candi Singasari adalah candi tertinggi pada masanya. Bangunan candi terletak di tengah halaman, dan tubuhnya berdiri di atas batur kaki setinggi 1,5 meter, tanpa hiasan atau relief di kakinya. Tidak seperti candi-candi lainnya di Indonesia, tangga yang naik keselasar di kaki candi tidak diapit oleh pipi tangga yang dihiasi dengan makara.


Pada sisi depan bilik penampil terletak pintu masuk ke ruang di tengah tubuh candi yang menghadap ke selatan. Pintu masuk ini terlihat sederhana tanpa bingkai yang dihiasi pahatan. Namun, di atasnya terdapat pahatan kepala kala yang sangat sederhana. Beberapa pahatan dan relief yang sangat sederhana menunjukkan bahwa pembangunan Candi Singasari belum selesai sepenuhnya.






Candi Mendut

Candi Mungkid, yang terletak di jalan Mayor Kusen di kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, adalah yang tertua dari dua candi Buddha lainnya, Candi Pawon dan Candi Borobudur. Candi setinggi 26,4 meter ini dianggap sebagai pusat ibadah Buddhisme dan tempat meditasi bagi orang-orang Kejawen Jawa lokal.


Di Candi Mendut ini, Ribuan orang akan berkumpul untuk memperingati Hari Waisak, atau Hari Buddha, untuk memperingati kelahiran Pangeran Sidharta. Acara akan dimulai dengan doa di Candi Mendut, dan acara akan berlanjut dengan parade nyanyian berbaris menuju Candi Pawon dan Candi Borobudur.


Selain itu, setiap tahun juga sering diadakan upacara berkah penting dengan air suci yang berasal dari mata air Jumprit di Kabupaten Temanggung, yang merupakan simbol kerendahhatian. Di Desa Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, ada api abadi alami yang disebut Mrapen, yang akan digunakan untuk menyalakan obor juga.






Pura Besakih

Kuil Ibu Bali Hindu, Pura Besakih, atau Kuil Besakih adalah salah satu Candi Terindah Di Indonesia. Berdiri di lereng barat Gunung Agung, kompleks candi yang indah ini memiliki pemandangan pegunungan yang menakjubkan.


Candi Pura Besakih yang terletak di desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia, mudah diakses karena fakta bahwa itu adalah salah satu tempat wisata paling populer di Bali.


Menurut catatan prasasti yang ada, kompleks candi agung ini telah dipuja sebagai tempat suci sejak tahun 1007 AD. Selain itu, sejak abad ke-15, Pura Besakih dianggap sebagai pusat candi Hindu di Bali.




Pura Penataran Agung, juga dikenal sebagai "Kuil Besar Negara", adalah pusat kompleks candi dan tempat ibadah utama di Pulau Bali. Kompleks ini terdiri dari 22 kuil di enam teras yang berdiri di atas pegunungan yang berdekatan.






Pura Prambanan

Candi Hindu Terbesar di Indonesia, juga dikenal sebagai Candi Prambanan, dibangun pada abad ke-9 masehi. Ini adalah Candi Terindah di Asia Tenggara dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Itu terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kecamatan Prambanan, Klaten, di Jawa Tengah.


Berjalan mengelilingi candi adalah cara terbaik untuk menikmati keindahan dan mempelajari arsitekturnya. Kompleks candi seluas 39,8 hektar memiliki halaman utama yang terdiri dari tiga candi utama dan tiga pendamping, dua kuil apit, dan delapan kuil Patok yang dikelilingi oleh pagar.


Meskipun demikian, sekitar 224 candi Pewarna tambahan dapat ditemukan di halaman kedua. Anda akan merasa sibuk sepanjang hari sambil melihat ukiran relief yang cukup kompleks. Candi akan membuat Anda cepat melupakan tempat tinggal Anda karena kemegahannya mengembalikan Anda ke masa lalu di mana ritual dan budaya mendominasi setiap aspek kehidupan.


Kuil Dui Prambanan lebih ramah dan mudah dinavigasi dibandingkan dengan candi-candi lain di Indonesia. Kompleks candi memiliki banyak taman dan toko yang menjual souvenir wisata selain menikmati keindahan ukiran batu yang rumit dan indah.




Candi Borobudur

Ketika Anda bepergian ke Indonesia, Candi Borobudur, yang terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi. Situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Di Dunia ini, Candi Buddha Terbesar Di Dunia, terletak di atas bukit dengan pemandangan hutan tropis dan bukit-bukit yang indah di kejauhan. 


Dibangun pada abad ke-9 pada masa Dinasti Syailendra, Candi Borobudur dirancang dengan gaya arsitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Namun, ada banyak adegan dan elemen budaya yang membuatnya unik. 


Sejak ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814, Candi Borobudur telah dikenal oleh dunia. Sejak saat itu, banyak upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan dan memperbaikinya, hingga UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia.


Hingga hari ini, Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Umat Buddha dari seluruh Indonesia dan dari seluruh dunia berkumpul di sana untuk memperingati Trisuci Waisak.


Berjalan kaki adalah cara terbaik untuk melihat Candi Terindah di Indonesia ini. Setelah Anda mendaki ke puncak candi, Anda akan melihat ukiran batu yang rumit dan halus yang dipajang di dindingnya. Ini pasti akan memberikan pengalaman tentang sejarahnya. (*)